Cara Mencegah Virus Corona

Cara Mencegah Virus Corona

Dublinbeta –┬áVirus corona masih menyebar bebas di sekitar kita. Untuk segera menanggulangi pandemi yang melanda seluruh dunia ini, berbagai pemerintah negara di dunia berusaha keras untuk menemukan vaksin bagi virus corona. Prosesnya memang sangat panjang sehingga membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkan hasil vaksin yang tepat dengan mengerahkan semua tenaga medis.

Saat ini yang bisa dilakukan oleh semua orang adalah melakukan tindak pencegahan supaya virus tidak berkembang semakin pesat. Tindakan atau langkah pencegahan ini harus dilakukan dengan ketat supaya jumlah korban tidak semakin bertambah. Dengan melakukan perlindungan terhadap diri sendiri, Anda juga sudah berusaha melindungi orang lain. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran corona?

1. Cuci Tangan dengan Benar

Cuci tangan menjadi salah satu cara mencegah virus corona menempel di tubuh dan juga menyebar ke berbagai benda yang sudah dipegang. Tentunya, cuci tangan yang dilakukan tidak boleh sembarangan melainkan harus dilakukan dengan benar dan teratur. Tangan harus dicuci di air yang mengalir dan menggunakan sabun cuci tangan. Jangan lupa untuk dikeringkan menggunakan handuk atau juga alat pengering.

Cara ini terlihat sangat sederhana namun cukup efektif. Pasalnya, tangan adalah anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda atau orang lain bahkan menyentuh diri sendiri. Selain mencuci tangan menggunakan air mengalir dan menggunakan sabun, untuk bepergian sebaiknya membawa hand sanitizer dengan kadar alkohol 60%. Benda mungil ini praktis dibawa ke mana-mana di dalam tas.

2. Gunakan Masker

Sebagai perlindungan diri serta sebagai salah satu cara mencegah virus corona menyebar dari satu orang ke orang lain adalah dengan menggunakan masker. Masker yang digunakan sebaiknya adalah masker bedah dan masker N95. Akan tetapi, saat ini masker yang banyak digunakan adalah masker kain yang efektivitasnya masih belum teruji dengan baik. Namun untuk orang yang sehat, masker seperti ini cukup untuk berjaga-jaga.

Penggunaan masker ini memang tidak sepenuhnya efektif mencegah corona. Namun perlu diingat kembali, corona menyebar memalui udara dan juga memalui droplet yang keluar ketika berbicara. Ketika selesai menggunakan masker, sebisa mungkin untuk menghindari menyentuh bagian depan masker karena di sanalah banyak kuman bersarang. Segera bersihkan tangan setelah menyentuh masker yang selesai digunakan.

3. Jaga Daya Tahan Tubuh

Virus corona akan lebih mudah menyerah seseorang dengan daya tahan tubuh yang rentan atau lemah. Itulah kenapa anak-anak dan orang tua merupakan orang-orang yang rentan terpapar corona. Cara mencegah virus corona mendekati Anda dan keluarga adalah dengan menjaga daya tahan tubuh tetap dalam keadaan prima. Jangan biarkan tubuh Anda mengalami penurunan supaya tidak mudah terpapar penyakit.

Untuk menjaga supaya daya tahan tubuh selalu dalam keadaan prima bisa dimulai dari pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Usahakan mengkonsumsi menu seimbang. Selain itu, jaga kebugaran tubuh dengan tetap olahraga meski di sekitar wilayah rumah. Jangan lupa juga untuk beristirahat yang cukup karena kekurangan tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh juga, apalagi sampai begadang berturut-turut.

Menerapkan pola hidup baru memang bukan masalah yang mudah. Akan tetapi, demi menjaga kesehatan, cara mencegah virus corona itu harus diterapkan dengan baik. Jangan hanya karena merasa ribet lalu mengabaikan keselamatan dan kesehatan. Hal ini bisa merugikan kedua belah pihak, baik Anda maupun orang-orang di sekitar Anda yang melakukan interaksi. Cintai sesama dengan menjaga diri dengan baik.