Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Merawat Kucing

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Merawat Kucing

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Merawat Kucing – Kucing merupakan hewan yang sering dijadikan peliharaan. Karena memiliki bentuk yang lucu, banyak orang menyukai kucing. Bahkan tak jarang kucing diperlakukan dengan sangat istimewa karena pemiliknya terlalu menyanyangi hewan tersebut. Apalagi jika kucing memiliki bulu lebat yang lembut dan berwarna indah, dijamin hewan tersebut akan menjadi peliharaan kesayangan.

Banyak orang menganggap memelihara kucing itu mudah. Memang benar, tidak ada hal yang terlalu sulit dalam merawat kucing. Siapa saja bisa merawat kucing ini di rumahnya bahkan bisa lebih dari satu ekor. Akan tetapi, ada beberapa hal penting yang sering luput dari perhatian dalam hal merawat kucing. Beberapa hal pentingnya tersebut sering diabaikan hingga akhirnya menjadi kesalahan besar dalam merawat hewan berkaki empat itu. Simak penjelasan tentang hal-hal yang harus dihindari dalam memelihara kucing.

Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Merawat Kucing

Menutup Pintu

Kucing termasuk hewan yang suka kebebasan. Hewan tersebut lebih senang tinggal di tempat yang terbuka, seperti rumah dengan banyak pintu dan jendela serta sedikit sekat. Karena di tempat yang seperti itu, kucing bisa bebas berlarian. Kucing akan selalu terlihat membuka pintu yang tertutup karena hewan itu tidak menyukainya. Itu berarti kucing sedang berusaha mengendalikan wilayah mereka. Maka dari itu, dalam cara merawat kucing sebaiknya hindari mengurung kucing di tempat tertutup.

Mencampur Banyak Kucing

Seperti halnya poin sebelumnya, kucing yang suka kebebasan juga akan merasa tidak nyaman ketika bercampur dengan lainnya. Dengan kata lain, kucing sebaiknya diberi tempat terpisah masing-masing. Misalnya saja, satu tempat tidur untuk satu kucing atau satu tempat makan juga untuk satu ekor. Jika dibiarkan menggunakan fasilitas yang sama, maka akan selalu ada satu ekor kucing yang mendominasi. Hal tersebut sering memicu pertarungan antar kucing sampai bisa menyakiti satu sama lain.

Mencukur Bulu Kucing

Mungkin masih ada yang beranggapan bahwa bulu kucing sama halnya seperti rambut pada manusia yang perlu dicukur secara berkala. Padahal mencukur bulu kucing bisa membuat hewan tersebut stress. Cara merawat kucing terutama bulunya bukan dengan cara dipotong, melainkan dengan memakaikan shampoo saat dimandikan. Bulu kucing hanya boleh dipotong dalam keadaan mendesak, missal ketika terlalu kusut atau sebelum menjalani operasi.

Menaruh Tempat Minum Sembarangan

Sekadar memberi kucing air minum tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Kucing menyukai air yang dingin yang segar sekaligus bersih. Meletakkan tempat minum sembarangan tanpa memperhatikan kebersihannya merupakan hal yang harus dihindari. Bahkan sebaiknya tempat minum tidak didekatkan dengan makan meskipun itu kebutuhan yang bersamaan. Bulu kucing bisa rontok saat makan atau sisa makanan bisa terlempar ke tempat minum hingga membuat air jadi kotor.

Mengabaikan Dengkuran di Malam Hari

Dengkuran kucing saat tidur di malam hari ternyata bukan suatu hal yang biasa. Dengkuran itu bisa menjadi pertanda bahwa sistem pernapasan kucing tersebut sedang dalam masalah. Karena itu, jangan pernah mengabaikan suara dengkuran saat kucing tidur apalagi jika suara itu makin keras dan kuat. Segera bawa kucing ke dokter hewan untuk mengetahui masalahnya yang mungkin disertai penyakit lain dan mendapatkan solusinya.

Kucing termasuk hewan jinak yang cocok dijadikan peliharaan di rumah. Meskipun kucing pintar beradaptasi, bukan berarti hewan tersebut dirawat asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara merawat kucing, terutama yang berkaitan dengan larangan. Beberapa hal memang perlu dihindari agar kucing bisa mendapatkan kenyamanan dan bisa tumbuh tanpa masalah.

Sumber: https://139.162.11.188/