Cara Menjinakkan Kucing Liar

5 Cara Menjinakkan Kucing Liar agar Lebih Bersahabat

Dublinbeta –┬áKucing termasuk hewan yang manja dan mudah menyesuaikan diri dengan manusia. Tampilannya yang lucu dan menggemaskan menjadikan kucing sebagai peliharaan favorit banyak orang. Kucing juga bisa menjadi teman untuk menghabiskan waktu. Bagi sebagian orang, kucing dijadikan peliharaan sekaligus hiburan yang bisa meredakan stress akibat kesibukan.

Kucing memang bukan termasuk binatang buas. Hewan berbulu itu tidak memiliki naluri menyerang kecuali dalam keadaan yang membahayakan dirinya. Namun tidak jarang ada kucing yang terlalu agresif, galak bahkan sering melukai manusia dengan gigitan maupun cakarannya. Kucing yang demikian biasanya kucing liar yang belum terbiasa berinteraksi dengan manusia. Bisa juga kucing yang mudah menyerang adalah kucing yang baru tinggal di tempat baru. Untuk menjinakkan kucing yang seperti itu, lakukan langkah-langkah berikut ini.

Cara Menjinakkan Kucing Liar

Kurung dalam Kandang

Cara menjinakkan kucing untuk awalnya memang harus dengan sedikit memaksanya. Anda bisa menempatkan kucing dalam sebuah kandang. Kandang yang dipakai harus memiliki sirkulasi udara yang baik serta terbuat dari bahan yang kokoh agar tidak mudah dirusak. Lengkapi kandang tersebut dengan peralatan pendukung yang bisa membuat kucing merasa nyaman. Jangan sampai terlewat memberinya makan dan minum secukupnya. Lama kelamaan kucing akan terbiasa dengan kondisi rumah yang baru ditempatinya.

Jauhkan dari Kucing Lain

Meskipun tidak tergolong hewan buas, kucing tetap bisa bertarung dengan sesamanya. Biasanya pertarungan antar kucing terjadi karena perebutan makanan atau pasangan. Kucing yang sering bertarung tentu akan memiliki sifat yang agresif. Setiap orang yang mendekatinya bisa dianggap membahayakan dirinya sehingga muncul keinginan untuk menyerang. Maka dari itu, jauhkan kucing dari kucing lain terutama yang berukuran lebih besar. Dengan mengurangi interaksi dengan kucing lain, kucing tersebut akan mulai bisa dekat dengan manusia.

Ajak Bermain

Kucing yang belum terbiasa dekat dengan manusia mungkin akan terlihat galak dan menakutkan. Padahal hal tersebut bisa diubah dengan cara mengajaknya bermain lebih sering. Anda bisa menaruh beberapa benda yang bisa dimainkan di dalam kandangnya. Mainan kucing harus menarik dan mudah digerakkan. Cara ini bisa membuat kucing mengalihkan nafsunya untuk menyerang kepada hal yang lebih bermanfaat. Anda juga bisa mengajak kucing bermain tanpa mainan, seperti menggerak-gerakkan tangan.

Berikan Sentuhan

Sambil terus melakukan cara menjinakkan kucing seperti yang dijelaskan sebelumnya, selalu berikan sentuhan yang lembut setiap saat. Kucing akan merasa nyaman dengan sentuhan yang pelan dan penuh kasing sayang. Sentuhan yang diberikan akan memberi rasa tenang pada kucing. Kucing juga akan lebih mengenali orang yang memeliharanya. Selanjutnya akan terjalin kedekatan dan kucing tidak lagi mudah menyerang.

Jangan Suka Mengganggu

Agar kucing semakin jinak, hindari untuk mengganggu ketenangannya. Misalnya saja ketika kucing sedang tidur, maka jangan ganggu dengan membangunkannya secara tiba-tiba atau mengagetkannya. Contoh lain ketika kucing sedang asyik bermain, maka Anda tidak perlu mengalihkan perhatiannya. Juga hindari membuat kucing kecewa, seperti memanggilnya tanpa memberikan makanan. Dengan selalu membiarkan kucing tenang, maka hewan tersebut akan mudah bersahabat hingga bisa merasakan perhatian dari orang yang memeliharanya.

Kucing yang menjadi galak dan agresif sebenarnya dipengaruhi faktor lingkungan. Jadi cara menjinakkan kucing pada intinya harus dengan menciptakan suasana yang menyenangkan serta kondusif. Bisa saja upaya untuk menjinakkan kucing ini harus menghabiskan banyak waktu, apalagi jika kucing itu sebelumnya hidup bebas. Namun dengan usaha yang telaten, dijamin kucing yang awalnya liar justru akan menjadi sahabat terbaik Anda.